Welcome

Welcome to Neyoutha For Order and Further Information, Please SMS to 08174921002

Monday, February 20, 2012

Belajar itu asyiik dan bisa dimana saja

Belajar bersama Abi menjadikan hari demi hari yang saya lalui menjadi berarti. Pernah suatu hari saat sedang mogok sekolah (terkadang Abi memang mogok sekolah), Dia meminta saya untuk bersama-sama mepelajari kata-kata dalam bahasa Inggris. Saya bilang padanya untuk menuliskan 10 binatang dalam bahasa Inggris yang ada dalam kamus Bahasa Inggrisnya di kertas Folio. Dan saya mengatakan padanya juga kalau sudah selesai akan ada permainan yang akan kami lakukan berdua.
Mendengar kata permainan Diapun langsung semangat menuliskan kata-kata yang saya minta. Begitu selesai dia langsung menagih janji untuk bermain. Lalu sambil memeriksa kertasnya, saya mencoba memberikan tebak-tebakan hewan yang sudah dia tulis di kertas. Tanpa melihat ke kamus, dia dapat menyebutkan binatang-binatang yang Dia tulis di kertas dalam Bahasa Indonesia dengan benar.
Alhamdulillah.... tidak terlalu sulit ternyata untuk menjadikan belajar sebagai permainan yang mengasyikkan.

Berikut beberapa permainan dalam Bahasa Inggris yang Saya Terapkan untuk bahan belajar
Abi di rumah.
    - Menyanyi  dalam Bahasa Inggris,
       Lirik : Sunday Monday
           Tuesday Wednesday
           Thursday Friday
           Saturday That is the day
       Irama : Bisa dari lagu apa saja, yang penting dinyanyikan dengan gembira
     - Tebak tebakan  kata
        Kalau belum bisa menulis bisa dengan lisan kita menyebutkan kata dalam bahasa Inggris dan
        kemudian Anak menyebutkan dalam Bahasa Indonesia. begitu juga sebaliknya,
        kalau sudah bisa menulis untuk melatih motoriknya juga, minta menuliskan kata-kata dalam
        bahasa Inggris. Dan kemudian beri tebak-tebakan.
     - Buat  anak yang sudah bisa membaca buat Puzzle kata-kata.
        Buat kotak 5 x 5 dan isi dengan kata-kata yang akan dipelajari lalu sisanya berikan huruf
        acak.Minta anak untuk mencoret atau melingkari kata-kata yang tersedia. Kalau sudah mahir
        bisa di tambah jumlah kotaknya
     - Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar dalam Bahasa Inggris.

Dan ini hanya permainan, sangat mungkin sekalai anak menjawab dengan kata-kata yang salah.
Biasanya kalau ada kesalahan saya mencoba memberikan petunjuk agar dia bisa menjawab dengan benar. Dan jangan dimarahi ya bunda..... ayah.... kalau ada yang salah. Namanya juga masih belajar.....

No comments:

Post a Comment