Welcome

Welcome to Neyoutha For Order and Further Information, Please SMS to 08174921002

Friday, November 18, 2011

Lintas Generasi

Di suatu acara di lingkungan rumah, aku melihat anak temanku yang berusia 4 tahun berlari-lari ceria kesana kemari sambil bernyanyi. Buat hal ini merupakan pemandangan yang menyejukkan hati, dimana anak-anak berekspresi lepas. Jika saya bertanya kepada anak itu dia menjawab dengan lugas ciri khas seorang anak. Yang paling menakjubkan bagi saya adalah ketika dia bercerita tentang film yang digemarinya " Thomas N Friend" dengan fasih dia menceritakan bahkan dialog-dialog antar keretanya sampai hafal. Subhanallah...... 
Sepulangnya dari acara sayapun menceritakan kecerdasan anak itu di rumah. Ternyata orangtua saya menceritakan hal yang berlawanan beliau berkata bahwa anak itu tidak bisa diam dan nakal sekali. Menurut beliau anak pintar semestinya anak yang duduk diam bersama orangtuanya saat acara berlangsung, yang mengikuti aturan dan harapan orangtua dan jangan melakukan hal yang dilarang orang tua. 
Saya hanya bisa terdiam, alasan orangtua saya tidak sepenuhnya salah karena memang mungkin seperi itulah konsep pendidikan di masa lalu, tapi dalam hati saya bertanya-tanya bukankah semua alasan yang dikemukakan orangtua saya malah justru akan mengekang kreativitas anak itu. Dalam hati sayapun berharap semoga hal ini hanya merupakan kesenjangan pemikiran lintas generasi saja. Karena semestinya anak-anak bebas berkreasi dan mengekspresikan dirinya.

1 comment:

  1. pemikiran lintas generasi emang seringkali bikin pusing, kayaknya susah banget dijembatani

    ReplyDelete