Welcome

Welcome to Neyoutha For Order and Further Information, Please SMS to 08174921002

Monday, November 7, 2011

MACET, SAATNYA BEKERJA DENGAN INTERNET


Judul Asli,
TRAFFIC JAM, Time to Work Using Internet
By. Edward Kusma, Indonesia’s Internet Development Observer
Sumber: Biznet News, Vol.VI/I, Januari 2008


Penulis bukanlah satu-satunya korban pertumbuhan Jakarta yang sangat cepat. Angka pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang Tahun ini melebihi 6 persen, semakin banyak prmbangunan yang dilakukan di Jakarta.  Sebegian besar masyarakat tinggal di perkotaan, dan waktu merupakan komoditas yang sangat berharga. Menghabiskan waktu berjam-jam dalam kendaraan merupakan aktivitas rutin setiap harinya. Pekerjaan menjadi terhambat karena membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikannya.
Untuk bertahan hidup di kota metropolitan seperti Jakarta, kita membutuhkan terobosan mendasar. Banyak Pengembang membangun apartemen-apartemen dengan konsep Kembali ke Kota untuk menghindari kemacetan
Beberapa menggunakan fasilitas jaringan internet kecepatan tinggi atau biasa disebut Broadband Internet services.
Saat ini transfer data dengan menggunakan media kabel atau frekuensi radio sangatlah lambat sehingga dibutuhkan kapasitas jaringan (Bandwidth) yang lebih tinggi. Dengan perkembangan teknologi, serat optic merupakan pilihan terbaik untuk kebutuhan transfer data yang berkapasitas besar. Media Serat Optik dapat memberikan layanan teknologi  jaringan di dalam gedung,  FTTB (Fiber-Optic To the Building) atau layanan teknologi jaringan di rumah, FTTH (Fiber-optic To the Home)  . Bandwidth dengan kecepatan diatas 1.000Mbps atau 1 Gbps dapat menyediakan akses Internet, berupa audio dan video dalan satu koneksi.
Penggunaan Aplikasi
Pada era modern, e-mail sudah merupakan media komunikasi yang penting di seluruh perusahaan besar. Tanpa e-mail,  komunikasi dalam divisi dan dalam perusahaan itu  sendiri akan menjadi sulit.
Saat ini, banyak persahaan kecil-menengah mulai merasakan keuntungan penggunaan e-mail. Teknologi Volp (Voice over Internet Protocol) juga telah banyak digunakan untuk menurunkan angka tagihan telepon mereka. Teknologi seperti ini memungkinkan pengguna  untuk melakukan  percakapan telepon  melalui internet bandwidth connection.
Fasilitas Internet Banking sangat membantu para pebisnis melakukan transaksi financial mereka. Kita dengan mudah melakukan transfer, pembayaran, dan cek saldo. Internet banking memberikan  keuntungan dan kemudahan bagi setiap orang  (costumer bank) dalam melakukan transaksi dalam maupun luar negeri dengan cepat, aman dan nyaman.
Selain berbagai aplikasi yang telah disebut di atas, teknologi yang mulai digunakan saat ini adalah video conference. Dengan Teknologi Video Conference ini  pertemuan bisnis maupun pribadi dapat dilakukan tanpa mendatangi lokasi masing-masing, meskipun jarak masing-masing jauh tetapi seperti dalam satu ruangan saja.
Dengan teknologi video conference, banyak perusahaan di negara berkembang  menyediakan fasilitas untuk pegawai mereka terutama wanita atau ibu rumahtangga sehingga mereka bisa bekerja dari rumah dan  seringkali berhubungan lewat fasilitas telekomunikasi. Dengan system kerja seperti ini mereka dapat menghabiskan waktu mereka lebih banyak bersama anak-anak sambil bekerja pada saat yang sama. Bagi perusahaan, mereka osecara otomatis mengurangi beban kerja di kantor. Selain itu, hal ini merupakan salah satu cara yang baik untuk mengurangi kemacetan sehingga pada akhirnya mengurangi polusi.
Sebuah contoh nyata dari perusahaan yang menggunakan sistem jaringan telekomunikasi adalah perusahaan penerbangan Jetblue yang berlokasi di Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan penerbangan terbaik di negara tersebut yang telah menggunakan telekomunikasi bagi 80 persen pegawai di bagian pemesanan tiket. Masing-masing karyawan yang bertempat tinggal kurang lebih 60 km dari kantor pusat Jetblue di Salt Lake City akan diberikan fasilitas computer, dengan telepon dengan teknologi VoLP yang terhubung dengan jaringan PBX dan juga terhubung dengan akses broadband kecepatan tinggi di rumah mereka.  Each employee that lives approximately 60 km from. Sistem ini memudahkan mereka dalam melakukan pelatihan. Faktanya setelah menerapkan sistem kerja seperti ini , selain efisiensi biaya operasi, produktivitas dan kepuasan meningkat. Yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan karena pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik dari pada perusahaan penerbangan lainnya.
Sebagai informasi Jetblue merupakan salah satu perusahaan penerbangan yang dapat dikatakan berhasil.
Kondisi Di Indonesia
Bagaimana dengan kondisi di negara kita? Apakah mungkin untuk dapat melakukan hal seperti itu? Pada umumnya, infrastruktur jaringan di Indonesia belum sepenuhnya berkembang. Di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya beberapa perusahaan telekomunikasi melakukan percobaan dengan mengaplikasikan teknologi FTTB dan FTTH.
Hanya sedikit saja perusahaan yang mau menginvestasikan penggunaan serat optic untuk infrastruktur gedung mereka. Pekerjaan seperti ini dilakukan oleh Industri telekomunikasi milik Negara, sebagian besar penyedia jaringan telekomunikasi yang memiliki dokumen sah untuk beroperasi membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah, sehingga pengembangan infrastruktur telekomunikasi dapat dilakukan denagn partisipasi perusahaan milik negara, dengan begitu pengembangan infrastruktur telekomunikasi tidak akan tumpang tindih.
Melihat hasil perkembangan teknologi serat optic di beberapa negara, penulis yakin bahwa penggunaan serat optic sebagai fasilitas telekomunikasi menjadi hal yang penting dalam menghadapi era digital di Indonesia.


No comments:

Post a Comment